Muktamar Aisyiah Bahas Strategi Memajukan Perempuan

Agenda Muktamar ke-48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah, Memajukan dan Menggembirakan

Jelang pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, Panitia Pusat Muktamar melakukan silaturahim ke kantor Harian Republika di Jakarta pada Kamis (11/8/2022). Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah, Nurul Yamin; Anggota Panitia Pusat Muktamar, Tri Hastuti Nur R; serta Koordinator Bidang Media, Ma’ruf Amin.

Muhammad N. Yamin menjelaskan bahwa Muktamar Muhammadiyah mengusung tema ‘Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta’. Sementara Muktamar ‘Aisyiyah mengusung tema ‘Perempuan Berkemajuan, Mencerahkan Peradaban Bangsa’. Kemudian, agenda Muktamar akan membahas laporan pertanggungjawaban kepengurusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah ‘Aisyiyah periode 2015-2022.

Yamin melanjutkan bahwa agenda di dalam Muktamar di antaranya membahas materi, program, pemilihan pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah ‘Aisyiyah, isu-isu strategis, dan komitmen atau pikiran-pikiran Muhammadiyah ‘Aisyiyah yang dihasilkan melalui Muktamar yang berkaitan dengan isu isu strategis. “Isu-isu strategis yang dipersiapkan itu hal-hal yang menyangkut kebangsaan, keumatan, dan kemanusiaan universal.”

Kemanusiaan universal yang diusung oleh Muhammadiyah dijelaskan oleh Yamin adalah dalam lingkup dalam negeri dan luar negeri. Di ranah global peran-peran Muhammadiyah sudah bisa dibaca sejarahnya. Yamin menyebut terdapat beberapa lembaga pendidikan tinggi milik Muhammadiyah yang sudah berdiri di luar negeri, seperti di Malaysia, Australia, dan lain sebagainya. Selain itu, kiprah-kiprah Muhammadiyah dalam bidang kemanusiaan juga dilakukan di sejumlah negara seperti di Palestina.

Untuk menyemarakkan Muktamar, Yamin menyampaikan bahwa panitia sudah merancang agenda-agenda pendukung Muktamar atau disebut syiar muktamar. Beberapa agenda syiar Muktamar tersebut ada yang bersifat ilmiah seperti seminar pra muktamar, talkshow, dan expo yang secara spesifik mengangkat keunggulan teknologi yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga riset Muhammadiyah yang berbasis di kampus dan sekolah. Terdapat pula kegiatan yang mengangkat sector UMKM melalui bazar ekonomi yang disebut sebagai Muktamar Fair.

Selain itu, terdapat pula kegiatan sosial keagamaan seperti tabligh akbar serta penggalangan dana kemanusiaan. “Penggalangan dana kemanusiaan akan diprioritaskan bagi saudara-saudara kita yang berada di kawasan perbatasan, daerah 3T yang selama pendampingannya sudah dilakukan oleh Muhammadiyah melalui majelis-majelis yang ada,” ujar Yamin. Perhelatan Muktamar ke-48 juga akan melangsungkan kegiatan malam taaruf atau malam keakraban. Kemudian ada lomba yang bersifat menggembirakan, diantaranya lomba desain cover, pidato, seni baca Al-Qur’an, gowes virtual, dan pertunjukan pertandingan sepakbola.

Sumber : https://www.republika.co.id/berita/rgg8n6430/muktamar-muhammadiyah-ke48-bahas-kebangsaan-keumatan-dan-kemanusiaan

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter
Email
Print

Berikan komentar

Your email address will not be published.

Langganan Kabar Muktamar

Jangan sampai ketinggalan kabar muktamar terbaru, langganan sekarang!

Mau kirim berita?

Berita lainnya

Situs web ini menggunakan cookie untuk memberi Anda pengalaman menjelajah terbaik.

Terima
Tolak