Venue Muktamar ke-48 Muhammadiyah yakni Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Muktamar ke-48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah Mantab Gunakan Sistem E-Voting

Muktamar ke-48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah yang akan di gelar di Surakarta pada November mendatang akan menggunakan sistem e-voting dalam pemungutan dan penghitungan suara. Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Muhammadiyah, Ahmad Dahlan Rais seperti dilansir dari muhammadiyah.or.id menjelaskan bahwa pada Muktamar ke-48 Muhammadiyah – ‘Aisyiyah ini berbeda dari model pemilihan pada Muktamar sebelumnya. Di mana sebelumnya pemungutan suara dilakukan secara manual, namun pada penghitungannya baru menggunakan IT.

Pada Muktamar ke-48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah, Dahlan menyebutkan bahwa model pemilihan mulai dari pemungutan sampai penghitungan akan memakai sistem e-voting. “Panitia Pemilihan sudah mantap untuk sepenuhnya dilakukan e-voting, baik pada pemungutan maupun penghitungan suara.”

Budi Setiawan, Panitia Pemilihan Pusat Muktamar Muhammadiyah ke-48 dalam kesempatan berbeda menyampaikan bahwa pemanfaatan teknologi dalam pemilihan Anggota PP Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah bukanlah hal baru. Malah, Muhammadiyah kerap memakai pendekatan science-technology dan agama satu acuan penentu kebijakan. Sejak Muktamar tahun 2000 lalu, Muhammadiyah telah menggunakan teknologi e-counting.

Terkait pelaksanaan Muktamar, Abdul Mu’ti, Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah seperti dilansir dari kompas.com menyebut bahwa Muktamar ke-48 akan dilaksanakan secara tatap muka langsung akan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Dijelaskan Mu’ti, arena Muktamar ditata sedemikian rupa sehingga aman dari potensi penularan Covid-19.

Peserta Muktamar juga disyaratkan harus sudah mendapat vaksin ketiga (booster), selalu memakai masker, dan mencuci tangan dengan air bersih. Hal yang sama juga berlaku untuk penggembira. “Walaupun, aturan untuk penggembira tidak seketat peserta karena penggembira tidak berada di ruang atau venue Muktamar, tapi lebih banyak aktivitas di luar, hal yang sama juga berlaku,” ucapnya.

Lebih lanjut Mu’ti memaparkan bahwa salah satu agenda utama Muktamar ke-48 adalah pemilihan. Keseluruhan kegiatan Muktamar ini memiliki 5 agenda utama, termasuk pembahasan isu-isu umat dan kemanusiaan global. “Ada lima agenda utama Muktamar. Kesatu, laporan pertanggungjawaban PP Muhammadiyah 2015-2022. Kedua, program Kerja Muhammadiyah 2022-2027, dan ketiga Risalah Islam Berkemajuan.”

Sumber : https://muhammadiyah.or.id/panlih-muktamar-ke-48-pemungutan-dan-penghitungan-suara-memakai-e-voting/, https://muhammadiyah.or.id/manfaatkan-teknologi-e-voting-panitia-jamin-kelancaran-dan-keamanan-muktamar-ke-48/, https://nasional.kompas.com/read/2022/07/02/15413241/pilih-ketua-pp-dalam-muktamar-muhammadiyah-bakal-gunakan-sistem-e-voting?page=1

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter
Email
Print

Berikan komentar

Your email address will not be published.

Langganan Kabar Muktamar

Jangan sampai ketinggalan kabar muktamar terbaru, langganan sekarang!

Mau kirim berita?

Berita lainnya

Situs web ini menggunakan cookie untuk memberi Anda pengalaman menjelajah terbaik.

Terima
Tolak