Direktur RS PKU Muhammadiyah Bantul, Nurcholid Umam Kurniawan Dalam kegiatan Lomba Pertolongan Pertama Pada Kegawat Daruratan (PPGD) Ambulan Muhammadiyah digelar oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul

Ribuan Posko Kesehatan Siap Beroperasi, Dukung Pelaksanaan Muktamar 48

MUKTAMAR48.ID., BANTUL – Ribuan Posko Kesehatan siap beroperasi untuk pelayanan kesehatan bagi warga persyarikatan yang menghadiri Muktamar 48. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur RS PKU Muhammadiyah Bantul, Nur Cholid Umam Kurniawan pada Ahad (11/09/2022).

Ribuan posko kesehatan tersebut ditempatkan di titik-titik strategis yang dilalui oleh warga persyarikatan yang menuju ke Surakarta. Hal ini penting karena berdasarkan pendataan sudah lebih dari lima ribu bus yang terdaftar akan hadir untuk mengikuti Muktamar 48. “Sampai tiga hari lalu sudah terdaftar 5302 bus, jika itu kita dikalikan 50 orang dalam satu bus maka 265.000 peserta Muktamar yang akan hadir di kota Solo dari seluruh wilayah Republik Indonesia,” terangnya.

Dalam kegiatan Lomba Pertolongan Pertama Pada Kegawat Daruratan (PPGD) Ambulan Muhammadiyah digelar oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul untuk semarakkan Muktamar 48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah, Nur Cholid menyampaikan berbagai kesiapan terkait medis harus dipastikan untuk menyambut para peserta dan penggembira Muktamar tersebut.

“Semoga tidak akan terjadi apa-apa, tetapi kita harus bersiap menghadapi sekenario yang terburuk karena mayoritas jika sudah sampai di Pulau Jawa akan menggunakan jalur darat,” terangnya. Nur Cholid menyampaikan semua aspek kesehatan termasuk tim medis harus bersiap karena kesehatan merupakan hal yang krusial.

RS PKU Muhammadiyah Bantul menurut Nur Cholid menjadi salah satu Rumah Sakit yang mendapatkan amanah panitia pusat Muktamar untuk menjadi tim kesehatan. “Panitia pusat Muktamar menunjuk RS PKU Bantul mendirikan dua titik kesehatan, yakni satu mini hopital di arena Muktamar 48 yakni di edutorium dan satu posko kesehatan bersama ribuan posko lain di seluruh kawasan sekitar Solo, Sragen, Wonogiri, Karanganyar, DIY, Klaten sampai area sekitarnya yang diperkirakan akan terjadi pembludakan peserta sekitar satu juta orang.”

Kesiapsiagaan ini menurut Nur Cholid harus menjadi PR bersama. “Ketika terjadi kecelakaan, kondisi penyulit, atau apapun di dekat kita maka kru kita sudah siap melakukan pertolongan. jangan sampai ada jamaah Muhammadiyah mau datang ke Muktamar dan terjadi kecelakaan tetapi kita tidak siap melakukan pertolongan.”

RS PKU Bantul disebut Nur Cholid siap memberikan dukungan untuk semuanya. Hal ini menurutnya merupakan salah satu komitmen kepada Muhammadiyah. “Kami sudah mempersiapkan dokter terbaik kami, fasilitas terbaik kami, dan siap menjadi rujukan terkait kesehatan,” tegasnya. (Suri)

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter
Email
Print

Berikan komentar

Your email address will not be published.

Langganan Kabar Muktamar

Jangan sampai ketinggalan kabar muktamar terbaru, langganan sekarang!

Mau kirim berita?

Berita lainnya

Situs web ini menggunakan cookie untuk memberi Anda pengalaman menjelajah terbaik.

Terima
Tolak