Amal usaha 'Aisyiyah bertumbuh di berbagai bidang

Laporkan Hasil Kerja Periode 2015-2022, Amal Usaha ‘Aisyiyah Bertumbuh di Berbagai Bidang

MUKTAMAR48.ID.,SURAKARTA – Laporan hasil kerja periode 2015-2022 yang disampaikan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah menyebutkan bahwa banyak amal usaha ‘Aisyiyah di berbagai bidang yang bertumbuh dan alami perubahan bentuk. Sekretaris Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah, Tri Hastuti Nur Rochimah menyebutkan penguatan amal usaha ‘Aisyiyah di tingkat nasional dialami oleh hampir seluruh bidang amal usaha. “Pada periode ini sudah ada perubahan bentuk tiga Universitas yakni UNISA Yogyakarta, UNISA Surakarta, dan UNISA Bandung. Kemudian Polita Pontianak, Poltekkes Banten, Polita Sumbar, dan di daerah timur ada ISTEK ‘Aisyiyah Kendari yang didirikan tahun 2022,” ujar Tri. Pendidikan Anak Usia Dini milik ‘Aisyiyah juga terus mengalami pertumbuhan dengan berdirinya TK ABA di berbagai lokasi di Indonesia hingga menjangkau daerah terpencil dan pelosok.

Selain dalam Pendidikan, periode ini juga amal usaha kesehatan berkembang dan bertumbuh. Seperti Rumah Sakit dan Poliklinik ‘Aisyiyah terbentuk di Kendal, Kudus, dan Ngawi. Dalam bidang ekonomi telah berdiri koperasi sekunder ‘Aisyiyah nasional

Terkait manajemen organisasi dan perkembangan digital, Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah juga telah mengembangkan website serta database untuk 458 daerah ‘Aisyiyah Bersama dengan 34 wilayah ‘Aisyiyah. Pada tahun 2021, ‘Aisyiyah juga telah mengembangkan system pelaporan online serta system pendaftaran KTA online.

Tri Hastuti juga menyampaikan mengenai pengembangan kepemimpinan dan kaderisasi ‘Aisyiyah secara secara nasional yang menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi penguatan organisasi. “Pengembangan kepemimpinan secara transformatif menjadi mandat yang harus dilaksanakan,” ujar Tri. 

Pada periode ini ‘Aisyiyah telah menambah Cabang dan Ranting baik dari jumlah sisi jumlah dan kualitas. Tercatat pertumbuhan Daerah ‘Aisyiyah pada periode sebelumnya adalah 438 yang bertumbuh menjadi 458 Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah. Selain itu, Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah juga telah terbentuk di beberapa negara yakni Taiwan, Islamabad, Australia, Hongkong, Sudan, dan Turki. PCIA sebagai bagian dari internasionalisasi ‘Aisyiyah juga telah melakukan kegiatan secara aktif di masa pandemic. “Beberapa program yang dilakukan ‘Aisyiyah terkait internasionalisasi ini juga terlaksananya dakwah ‘Aisyiyah yang bekerjasama dengan kedutaan besar di Filipina dan Kamboja,” ujar Tri. Selain mengembangkan dakwah internasionalisasi, ‘Aisyiyah juga terus memberikan perhatian pada penguatan gerak komunitas serta pemberdayaan kelompok marginal dan kelompok dhuafa mustadhafin dan kelompok di daerah 3T.

‘Aisyiyah dijelaskan oleh Tri juga mengambil peran pada isu-isu nasional seperti memberikan rekomendasi pada beberapa kebijakan pemerintah. Seperti respon terhadap rancangan UU Pesantren, Rancangan UU TPKS, Rancangan Permendikbud No. 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi, dan repson ‘Aisyiyah terkait terorisme.

Kinerja dan gerak dakwah yang dilakukan ‘Aisyiyah selama periode 2015-2022 disebut Tri juga mendapatkan apresiasi berbagai pihak termasuk pemerintah. “Berbagai penghargaan sudah diterima Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah PPA dan Majelis Lembaga, seperti award di bidang Pendidikan dari Berita 1 pilihan dewan juri maupun pilihan pemirsa, penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM sebagai organisasi penggerak koperasi jasa bakti, kemudian penghargaan dari BPOM, penghargaan yang diterima Majelis Hukum dan HAM Jawa Tengah tingkat nasional, juga rekor MURI yang diterima oleh Suara ‘Aisyiyah.”

Di akhir penyampaiannya, Sekretaris Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah ini berharap isu-isu strategis ‘Aisyiyah untuk periode selanjutnya dapat dikawal, dipahami, dan dilaksanakan secara masif untuk semakin meningkatkan kontribusi ‘Aisyiyah bagi bangsa. (Suri)

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter
Email
Print

1 Comment

  • Content Generator

    A secret weapon for anyone who needs content. I dont need to tell you how important it is to optimize every step in your SEO pipeline. But unfortunately, its nearly impossible to cut out time or money when it comes to getting good content. At least thats what I thought until I came across Article Forge. Built by a team of AI researchers from Stanford, MIT, Carnegie Mellon, Harvard, Article Forge is an AI content writer that uses deep learning models to research, plan out, and write entire articles about any topic with the click of a button. Their team trained AI models on millions of articles to teach Article Forge how to draw connections between topics so that each article it writes is relevant, interesting and useful. All their hard work means you just enter a few keywords and Article Forge will write a complete article from scratch making sure every thought flows naturally into the next, resulting in readable, high quality, and unique content. Put simply, this is a secret weapon for anyone who needs content. I get how impossible that sounds so you need to see how Article Forge writes a complete article with the Click Here:👉 https://stanford.io/3FXszd0

Berikan komentar

Your email address will not be published.

Langganan Kabar Muktamar

Jangan sampai ketinggalan kabar muktamar terbaru, langganan sekarang!

Mau kirim berita?

Berita lainnya

Situs web ini menggunakan cookie untuk memberi Anda pengalaman menjelajah terbaik.

Terima
Tolak