48 Anak Panah Terbaik Muhammadiyah Dilesatkan ke Arena Muktamar

48 Kader Mu’allimin Jogja Long March ke Arena Muktamar

MUKTAMAR48.ID., YOGYAKARTA – Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, sekolah kader persyarikatan Muhammadiyah mempunyai cara sendiri dalam menyemarakan dan memeriahkan perhelatan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 yang diselenggarakan di Surakarta (Solo).

48 siswa yang mewakil 1.700 siswa Mu’allimin dilesatkan menuju arena Muktamar dengan melakukan Longmarch dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menuju Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang menjadi tempat sidang Muktamar Muhammadiyah ke-48.


Perjalanan Longmarch akan ditempuh selama 3 hari 2 malam dimulai dari tanggal 10-12 November 2022, dengan jarak tempuh 65 km. Sebelum melakukan perjalanan, para kader dilepas oleh Direktur Mu’allimin, H. Aly Aulia, Lc., M.Hum. Dalam amanatnya, Aly menyampaikan bahwa perjalanan ini diartikan sebagi hijrah dalam definisi berfikir, definisi beramal, dan definisi beramar ma’ruf nahi munkar.

“Kalian adalah kader muhammadiyah untuk masa yang akan datang. Perjalanan yang kalian lakukan ini bukan hanya sebagai hijrah makaniah (perpindahan tempat) yang memindahkan kalian dari Jogja ke Solo, tapi perjalanan yang kalian lakukan ini harus diartikan sebagai hijrah dalam definisi berfikir, hijrah dalam definisi beramal dan hijrah dalam definisi beramar ma’ruf nahi mungkar.” ujarnya.


Kegiatan upacara pelepasan 48 kader terbaik Mu’allimin diawali dengan seremoni penyerahan bendera Muhammadiyah dan bendera Muktamar yang akan dibawa dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menuju arena Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Selanjutnya akan diserahkan kepada Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Ketua Muktamar Muhammadiyah ke-48.


“Amanah dalam rangka mengibarkan bendera Muhammadiyah dan bendera Muktamar memiliki misi membawa kemaslahatan bagi umat. Setiap langkah kalian adalah langkah tahmid, takbir dan istighfar dalam rangka menengakkan tauhidullah.” terang Aly.


Diakhir amanatnya, ia juga mengatakan bahwa perjalanan ini langkah nyata sebagai simbol berilmu amaliah.

“Saat ini kalian membuktikan bahwa perjalanan yang kalian lakukan merupakan langkah nyata sebagai simbol berilmu amaliah, yang senantian menumbuhkan jiwa tajdid untuk melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik.” ucapnya.


Tepat pukul 19.30 WIB 48 anak panah berangkat melaksanakan amanah longmarch membawa simbol-simbol Muhammadiyah. Perjalanan ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari pahlawan dan kelak akan menjadi sejarah dari proses perkaderan bagi seluruh anak panah Muhammadiyah di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.
“Semoga Allah memberikan kelancaran, kesehatan dan keselamatan bagi ananda sekalian,” tutup Aly. *(RK/da)

WhatsApp
Telegram
Facebook
Twitter
Email
Print

Berikan komentar

Your email address will not be published.

Langganan Kabar Muktamar

Jangan sampai ketinggalan kabar muktamar terbaru, langganan sekarang!

Mau kirim berita?

Berita lainnya

Situs web ini menggunakan cookie untuk memberi Anda pengalaman menjelajah terbaik.

Terima
Tolak